Teknologi - Financial - Kesehatan - Umum

Perkembangan Coworking Space di Indonesia

Bisnis





Coworking space adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama di Indonesia. Coworking sendiri merupakan sebuah ruang kerja bersama yang berisikan individu-individu yang berasal dari latar belakang berbeda namun berbagi ruang untuk bekerja. Umumnya konsep kantor ini berbentuk ruangan yang bersifat terbuka dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kegiatan kantor. Di Indonesia, konsep ini diterapkan pertama kali di kota Bandung pada tahun 2010. Awalnya, tata ruangan kantor ini masih seperti kantor-kantor pada umumnya, namun seiring dengan perkembangan zaman, tata ruangannya dibuat menjadi lebih menarik. Salah satu desain kantor yang cukup menarik yakni dengan tema green atau ramah lingkungan sehingga tata ruangannya tidak terlalu kaku dan membuat orang-orang nyaman berada didalam ruangan tersebut.

Seiring berkembangnya jaman, keberadaan coworking space semakin menjamur di berbagai kota di Indonesia. Bahkan keberadaan coworking sudah ada di provinsi paling timur negeri ini, Papua. Konsep kantornya yang fleksibel dan kekinian membuat coworking semakin diminati para startup founser. Biasanya, ruang kantor ini mampu menampung hingga seratus orang. Fasilitas di dalamnya juga sangat lengkap dimana Anda bisa menikmati fasilitas seperti WiFi, printing, faxing, scanning dan masih banyak lainnya. Istimewanya mereka yang menggunakannya juga dapat menikmati makanan serta minuman didalamnya, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot lagi keluar mencari makanan dan minuman.

Meski demikian, masih terdapat kendala dalam pengembangan coworking space di Indonesia. Sebagian besar masyarakat masih ada yang belum begitu mengerti atau bahkan sama sekali tidak mengerti tentang bagaimana konsep yang diusung coworking. Hal ini dikarenakan oleh sulitnya menjelaskan konsep secara lisan kepada masyarakat. Selain itu, sebagian orang masih sensitif dengan hal yang berhubungan dengan biaya. Padahal biaya sewa coworking sendiri sangatlah terjangkau. Bahkan, kita bisa menyewa secara temporary atau harian saja. Anda tidak perlu menyewa selama tahunan jika memang memiliki budget yang minim. Jika dihitung, khususnya bagi para pebisnis rintisan biayanya cenderung lebih murah. Selain itu pengguna juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dari keberadaan coworking.

https://go-work.com



  • Artikel (Bisnis)dari kategori yang sama

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Perkembangan Coworking Space di Indonesia
      Komentar(0)