Teknologi - Financial - Kesehatan - Umum

Bagaimana Venture Capital Indonesia Bekerja?




Anda pasti sudah tidak asing dengan bisnis start up yang merupakan salah satu jenis bisnis yang akhir-akhir ini sedang hits baik di Indonesia maupun dunia. Kalau start up pasti semua orang sudah tidak asing. Lalu bagaimana dengan venture capital? Banyak orang yang mungkin bahkan belum mengenal dengan istilah satu ini. Padahal venture capital dan start up adalah dua hal yang saling berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan. Nah, buat Anda yang belum mengenal apa itu venture capital, terutama venture capital Indonesia, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Venture Capital merupakan sebuah jenis investasi yang didapat dari berbagai sumber guna mendanai keberlangsungan start up. Tentu saja, para pemilik modal ini tidak akan sembarangan dalam memberikan dananya. Mereka hanya akan memilih start up potensial untuk kemudian diberikan modal guna mengembangkan bisnisnya. Anda tidak boleh salah dalam menggunakan istilah ini. Venture capital adalah bentuk dana atau uang yang diinvestasikan sedangkan para pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana tersebut dinamakan venture capital fund atau bisa juga disebut dengan venture capitalist.

Jika sudah mengerti tentang pengertiannya, Anda pasti akan bertanya-tanya dari mana asal uang atau modal yang digunakan untuk mendanai start up yang pastinya merupakan bisnis yang sangat beresiko tersebut. Venture Capital ini berasal dari dana pensiun, orang-orang kaya atau bahkan perusahaan keluarga yang memiliki uang dan ingin mneginvestasikan hartanya. Mereka, para pemilik modal ini, dalam istilahnya disebut dengan Limited Partners. Seperti cara kerja venture capital lainnya, venture Capital Indonesia, seperti salah satunya adalah convergencevc.com juga menerapkan sistem kerja yang sama. Jika boleh diistilahkan, cara kerjanya bisa disebut dengan ‘menitip’.

Mengapa menitip? Ya, karena pada dasarnya, uang yang diberikan oleh para investor atau Limited Partners ini hanya dititipkan kepada Venture Capitalist untuk kemudian diolah dan didistribusikan kepada para pelaku start up yang potensial. Jika nantinya uang atau modal dalam bentuk venture capital tersebut sudah bisa menghasilkan return, maka venture capital fund harus mengembalikan return investasi yang dititipkan oleh para investor beserta fee untuk management yang juga diberikan oleh para LP. Begitulah secara umum gambaran cara kerja venture capital Indonesia.


Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


削除
Bagaimana Venture Capital Indonesia Bekerja?
    Komentar(0)